Beranda / Berita / Pakar: Abu Bakr Al-Baghdadi Diduga Berada di Afghanistan

Pakar: Abu Bakr Al-Baghdadi Diduga Berada di Afghanistan

Baghdad – Pemimpin kelompok teroris ISIS, Abu Bakr Al Baghdadi diduga bersembunyi di sebuah wilayah di pedalaman Afghanistan. Klaim itu dibuat oleh Pakar Keamanan Zaid Hamid dari kelompok think tank analisis ancaman BrassTacks.

Spekulasi tentang keberadaan teroris terkenal itu dibuat setelah video propaganda yang menampilkan pemimpin ISIS itu dipublikasikan.

“Perhatikan gaya tempat tidur & bantal, saya rasa dia berada di Afghanistan” kata Zaid Hamid, seperti dikutip Sputnik, Senin (13/5/2019). Lebih lanjut dia menduga bahwa al-Baghdadi berada di Provinsi Khorasan.

Spekulasi mengenai keberadaan Al Baghdadi muncul setelah pada 29 April, banyak media melaporkannya muncul untuk pertama kali, setelah lima tahun absen. Al Baghdadi muncul dalam sebuah video di mana ia mengakui kekalahan pejuang ISIS dalam pertempuran memperebutkan Baghouz bulan lalu.

Baca juga : Rencanakan Aksi Teror di Bulan Ramadhan, Polisi Malaysia Amankan 4 Orang Termasuk 1 WNI

Video itu dilaporkan telah difilmkan sebelumnya pada April, namun, keaslian video itu sendiri belum diverifikasi.

Sebelumnya, juru bicara Angkatan Darat AS Kolonel James Rawlinson mengatakan bahwa koalisi pimpinan Amerika Serikat (AS) sedang bekerja untuk menguatkan keaslian video tersebut.

Dalam beberapa tahun terakhir, kematian Baghdadi telah dilaporkan beberapa kali, namun, pemimpin teroris telah muncul kembali berkali-kali.

Pada Juni 2017, Kementerian Pertahanan Rusia mengatakan bahwa Baghdadi mungkin telah tewas sebagai akibat dari serangan Pasukan Dirgantara Rusia pada 28 Mei 2017 di pinggiran selatan Raqqa. Namun, dugaan rekaman audio Baghdadi muncul kemudian pada 2017, memicu keraguan baru tentang apakah pemimpin teroris itu sudah mati atau masih hidup.

Tentang HP HP

Baca Juga

Pejabat Kampus Harus Berani Ambil Sikap Antisipasi Islam Eksklusif Transnasional

Solo – Pejabat kampus seharusnya berani mengambil sikap dalam mengatur kehidupan keagamaan kampus. Pasalnya saat …