Menteri Penerimaan Zakat Khilafatul Muslimin Ditangkap

Jakarta – Menteri penerimaan zakat Khilafatul Muslimin bernama Indra Fauzi berhasil ditangkap Polda Metro Jaya di Lampung. Penangkapan itu dilakukan pada Rabu (10/8/2022).

“Pukul 17.30 WIB (kemarin), Indra Fauzi disampaikan Sprin penangkapan dan tersangka langsung diamankan menuju Mako Polda Metro Jaya,” kata Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol Endra Zulpan di Jakarta, Kamis (11/8/2022).

Penangkapan terhadap Indra merupakan rangkaian proses hukum yang dilakukan oleh organisasi tersebut sejak pemimpin tertinggi Khilafatul Muslimin Abdul Qadir Hasan Baraja dan beberapa pejabat Khilafatul Muslimin di pusat dan daerah ditangkap.

“Tersangka Indra Fauzi telah lama berbaiat kepada Kholifah Abdul Khodir Hasan Baraja dan diangkat menjadi Menteri Penerimaan Zakat Ormas Khilafahtul Muslimin,” katanya.

Indra Fauzi bergabung dengan Khilafatul Muslimin pada tahun 2000. Dia bernomor induk warga 026 di ormas itu. Ia punya rekening BNI yang dipakai menampung dana ‘Bazis’ atau Badan Zakat Infaq Shadaqo Khilafatul Muslimin.

“Yang bersumber dari warga KM (Khilafatul Muslimin) di mana pengunaannya untuk kepentingan penyebaran dan kegiatan yang bertentangan dengan Pancasila,” ucap Zulpan.

Zulpan mengungkapkan, dana sebesar Rp2,3 miliar yang disita dari brankas di kantor pusat Khilafatul Muslimin di Lampung pada bulan Juni lalu, juga bersumber dari rekening Indra. Selain itu, Indra juga secara aktif melakukan pencucian uang dalam bentuk penempatan dan pengaburan asal usul hasil kejahatan.

Sebelumnya, Polda Metro Jaya menemukan sejumlah kartu tanda warga Khilafatul Muslimin di kantor pusat ormas itu di kawasan Teluk Betung, Lampung. Diketahui, ada puluhan ribu orang yang terdaftar menjadi warga. Para warga itu kebanyakan berprofesi sebagai pegawai swasta, namun ditemukan ada pula aparatur sipil negara (ASN) hingga petani.