Beranda / Berita / Kurdi Serahkan 12 Anak Yatim Piatu Keluarga ISIS ke Prancis
Kurdi Serahkan 12 Anak Yatim Piatu Keluarga ISIS ke Prancis

Kurdi Serahkan 12 Anak Yatim Piatu Keluarga ISIS ke Prancis

Baghouz – Otoritas Kurdi di Suriah menyerahkan 12 anak Prancis yang menjadi yatim piatu setelah orangtuanya meninggal kala menjadi militan kelompok teroris Islamic State (ISIS).

“Petugas menyerahkan 12 anak Prancis yatim piatu dari keluarga ISIS ke delegasi dari Kementerian Luar Negeri Prancis,” ujar pejabat urusan luar negeri Kurdi, Abdulkarim Omar, Senin (10/6).

Omar mengatakan bahwa prosesi serah terima itu digelar di Kota Ain Issa pada Minggu (9/6). Dalam prosesi itu, pihak Omar juga menyerahkan dua anak yatim piatu ke pemerintah Belanda.

Sebagaimana dilansir AFP, Prancis merupakan salah satu negara penyumbang militan ISIS terbanyak. Namun kini, ISIS mulai terdesak dan salah satu benteng pertahanan besar mereka di Baghouz sudah diambil alih pasukan Kurdi.

Baca juga : Pasukan Keamanan Mesir Bunuh Empat Terduga Teroris di Sinai Utara

Para militan Prancis dan negara lainnya yang sudah berkeluarga di Suriah kemudian menyerahkan diri.

Jumlah militan yang menyerahkan diri ini di luar dugaan aparat setempat, membuat mereka kelimpungan karena sejumlah negara asal militan itu tak mau menerima warganya tersebut.

Jerman, misalnya, memastikan bahwa mereka akan mencabut kewarganegaraan warganya yang bergabung dengan ISIS.

Presiden AS, Donald Trump, pun mendesak Inggris, Prancis, dan Jerman untuk menarik kembali lebih dari 800 militan ISIS yang tertangkap untuk kemudian diadili di negara asal masing-masing.

Jerman mengatakan akan mengambil kembali para militan tersebut hanya jika mereka memiliki akses kekonsuleran.

Dilema mengenai keamanan negara ini mulai mencuat usai kemunculan kasus Shamima Begum, remaja Inggris yang memohon ampun dan ingin kembali ke kampung halamannya setelah meninggalkan London untuk bergabung dengan ISIS pada 2015 lalu.

Inggris akhirnya mencabut kewarganegaraan Begum. Tak lama setelahnya, bayi yang baru saja dilahirkan Begum dilaporkan meninggal dunia di Suriah.

Tentang BEM

Baca Juga

China Klaim Capai Kesepakatan Anti Terorisme dengan PBB

Jakarta – China mengklaim telah mencapai kesepakatan dengan PBB terkait kerangka anti terorisme. Kementerian Luar …