Kukuhkan Duta Damai Dunia Maya Aceh, BNPT: Amunisi Tambahan Kampanyekan Perdamaian

Banda Aceh – Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) resmi mengukuhkan Duta Damai Dunia Maya Regional Aceh di Banda Aceh, Jumat (29/7/2022). Pengukuhan dilakukan oleh Kasubdit Kontra Propaganda BNPT Kolonel Pas Drs. Sujatmiko mewakili Deputi Pencegahan, Perlindungan, dan Deradikalisasi BNPT Mayjen TNI Nisan Setiadi, SE.

Sebanyak 56 anak muda Aceh akan bergabung dengan Pusat Media Damai (PMD) BNPT bersama Duta Damai Dunia Maya di 14 provinsi seluruh Indonesia untuk mengkampanyekan perdamaian melawan propaganda kelompok radikal terorisme.

“Saya berharap kehadiran Duta Damai Dunia Maya Regional Aceh ini akan semakin menambah amunisi dan optimisme untuk membanjiri dunia maya dengan konten-konten perdamaian, kebangsaan, kebhinnekaan dan toleransi dalam melawan propaganda radikal terorisme,” kata Sujatmiko.

Ia mengungkapkan bahwa bukan hal baru bahwa kelompok radikal terorisme telah memanfaatkan perkembangan teknologi informasi melalui sebagai sarana propaganda, indoktrinasi dan rekrutmen. Banyak fakta dan kejadian aksi terorisme yang dilakukan oleh generasi muda akibat terpapar paham radikal terorisme di dunia maya.

“Karena itulah, perlu ada upaya pencegahan dan perlawanan terhadap berbagai propaganda radikalisme dan terorisme agar melindungi anak-anak muda terpapar dari pengaruh paham tersebut. Di sinilah poin penting mengapa BNPT, sejak tahun 2016 membentuk Duta Damai Dunia Maya dari kalangan generasi muda untuk memberikan kontra narasi dan narasi alternatif untuk melindungi mempengaruhi generasi muda,” ungkap Sujatmiko.

Ia menjelaskan, hingga saat ini BNPT sudah mempunyai Duta Damai Dunia Maya di 15 Provinsi di Indonesia. Dengan hadirnya Duta Damai Provinsi Aceh ini kin kita memiliki amunisi tambahan para kader generasi muda yang mengkampanyekan perdamaian untuk melindungi generasi sebayanya dari paham radikal terorisme.

Ke depan Sujatmiko berharap, selain aktif menyebarkan pesan dan konten perdamaian, Duta Damai Provinsi Aceh dapat melakukan sinergi dan kolaborasi dengan stakeholder seperti FKPT Provinsi Aceh, Forkopimda dan komunitas-komunitas perdamaian lainnya di Aceh.

“Melalui pelatihan ini, para peserta akan dikukuhkan menjadi bagian dari Duta Damai Dunia Maya BNPT. Dengan ini Saya ucapkan Selamat atas terbentuknya Duta Damai Dunia Maya Regional Aceh semoga kalian dapat mengemban amanat untuk selalu konsisten dalam menjaga perdamaian baik di dunia maya dan dunia nyata”, tutupnya.

Hdir dalam kegiatan Pengukuhan Duta Damai Dunia Maya Regional Aceh Melalui Asistensi Bidang Penulisan, Desain Komunikasi Visual, Dan Bidang IT antara lain Kabid Bina Ideologi, Wawasan Kebangsaan dan Karakter Bangsa, Munarwansyah, SE, MM, Kasat Binmas Polresta Banda Aceh, Kompol Syaiful Anam M, Kasubag Umum Dinas Pariwisata Provinsi Aceh, Nia Gusniati, Kabid Sekolah Dasar dinas Pendidikan, Zaenali Yusdi, Kadis Kominfo, Kadispora Banda Aceh. (Jenny HS)