Kepala BNPT Lantik Brigjen Ibnu Suhaendra Menjadi Deputi Penindakan dan Pembinaan Kemampuan

Bogor – Kepala Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT), Komjen. Pol. Dr. Drs. Boy Rafli Amar, M.H., melantik Brigjen Pol. Ibnu Suhaendra, SIK, menjadi Deputi Bidang Penindakan dan Pembinaan Kemampuan di Kantor BNPT, Sentul, Kabupaten Bogor, Senin (25/10/2021). Pada kesempatan itu juga dilantik 6 Pejabat Administrator, dan 2 Pejabat Pengawas di lingkungan BNPT.

Pelantikan serta pengambilan sumpah jabatan ini berdasarkan Keputusan Kepala Badan Nasional Penanggulangan Terorisme Nomor 227 Tahun 2021 tentang Pemberhentian dan Pengangkatan Dari dan Dalam Jabatan Pimpinan Tinggi Madya, Jabatan Administrator dan Jabatan Pengawas di Lingkungan Badan Nasional Penanggulangan Terorisme.

Pejabat lain yang dilantik Kolonel (CZI) Roedy Widodo menjadi Kepala Subdirektorat Bina Dalam Lembaga Pemasyarakatan, Kombes Pol. Drs. Suyoko Junaedi, M.M., menjadi Kepala Subdirektorat Pemulihan Korban Aksi Terorisme, Kolonel (CPL) Sigit Karyadi, S.H., sebagai Kepala Subdirektorat Perlindungan WNI dan Kepentingan Nasional di Luar Negeri, Kolonel Mar Edy Cahyanto menjadi Kepala Subdirektorat Kesiapsiagaan dan Pengendalian Krisis, Kombes Pol Slamet Riyadi, S.I.K sebagai Kepala Subdirektorat Hubungan Antar Lembaga Aparat Penegak Hukum, Nurturyanto, S.E., menjadi Kepala Subdirekorat Pengawasan, AKBP Dr. Ikhwanuddin S.T., M.M., menjadi Kepala Seksi Pengerahan Kekuatan, dan Kompol Zainal Ahzab Amd., sebagai Kepala Seksi Pelaksanaan Latihan.

Dalam sambutannya, Kepala BNPT mengungkapkan bahwa bahwa tugas BNPT dalam penanggulangan kejahatan terorisme di Indonesia sangat penting untuk membangun kekuatan nasional.

“Dalam hal ini tentu kita menyadari tugas BNPT dalam penanggulangan kejahatan terorisme di negara kita, dalam hal ini sangat penting bagi BNPT untuk dapat membangun kekuatan nasional secara menyeluruh lintas kementerian/lembaga agar NKRI memiliki kemampuan, keuletan dan daya tangguh dalam menghadapi potensi ancaman gangguan terkait kejahatan terorisme” ucap Boy.

Mantan Kadiv Humas Polri ini juga mengatakan bahwa dalam melaksanakan tugas, para pejabat yang dilantik hari ini melakukan secara sistematis, kolaboratif dan bersinergi agar idealisme radikal tidak dapat diterima masyarakat Indonesia.

“Oleh karena itu para pejabat jangan lupa terus memperluas jejaring kerja, dengan organisasi yang memiliki visi dan misi yang sama dengan institusi kita. Kita tidak dapat mengandalkan kekuatan internal dalam memberantas kejahatan terorisme, namun seluruh kekuatan termasuk civil society” tuturnya.

Pelantikan itu digelar secara luring dengan menerapkan protokol kesehatan yang ketat, di Lobby Gedung Biwara, Kantor BNPT, Sentul, Kab. Jawa Barat. Sejumlah pejabat eksternal dan internal BNPT hadir dalam pelantikan ini antara lain, Kepala BNN, Komjen. Pol. Dr. Drs. Petrus R. Golose, M.M., Kepala Densus 88, Brigjen Pol. Marthinus Hukom, Mantan Kepala Densus, Komjen. Pol. (Purn.) Drs. H. M. Syafii, S.H., Deputi Bidang Kerjasama Internasional, Andhika Chrisnayudhanto, Inspektur BNPT, Catur Iman Pratignyo, S.E., Kepala Biro Umum BNPT, Fanfan Infansyah, Direktur Kerja Sama Bilateral BNPT, Brigjen Pol. Drs. Kris Erlangga A.W., dan sejumlah pejabat BNPT lainnya.