Beranda / Berita / Kegiatan / Kejahatan Merajalela Bukan karena Banyaknya Orang Jahat

Kejahatan Merajalela Bukan karena Banyaknya Orang Jahat

Bandung – Aktris Annisa Putri Ayudya, mengajak kalangan pelajar SMA dan sederajat di Bandung, Jawa Barat, untuk terlibat aktif dalam pencegahan kejahatan terorisme. Dia mengatakan fenomena merajelelanya kejahatan sejatinya bukan semata-mata karena banyaknya penjahat, melainkan karena diamnya orang-orang baik.

“Menjadi pasif sesungguhnya tidak memperbaiki keadaan. Sikap demikian hanya akan menjadikan pelaku terorisme semakin leluasa melancarkan aksi-aksinya,” pesan Putri.

Demikian disampaikan Putri saat menjadi pemateri di kegiatan Pelibatan Pelajar SMA dan Sederajat dalam Pencegahan Terorisme yang dilaksanakan oleh BNPT dan Forum Koordinasi Pencegahan Terorisme (FKPT) Jawa Barat, Kamis (15/8/2019). Kegiatan itu diisi dengan nonton dan bareng dan dialog film bertemakan perdamaian, serta penjurian terhadap karya lomba video pendek.

“Salah satu acara pencegahan terorisme yang cerdas adalah lewat pembuatan video. Dan keikutsertaan kalian dalam lomba video pendek ini adalah bentuk kemauan terlibat dalam pencegahan terorisme,” tegas Putri.

Mantan finalis Putri Indonesia itu mengatakan, video-video berkonten positif memiliki sifat komunal dalam mempengaruhi masyarakat. Membuat video dan mempublikasikannya di media sosial adalah bentuk ajakan terhadap masyarakat luas untuk bersama-sama membentengi diri dari pengaruh paham radikal terorisme.

Ketua Bidang Pemuda dan Pendidikan FKPT Jawa Barat, Sakiah Hendara, mengatakan tingkat penggunaan internet yang sangat tinggi di tengah masyarakat telah disalahgunakan oleh kelompok pelaku terorisme. Mereka menyebarluaskan paham terorisme juga melalui jaringan internet.

“Oleh karenanya BNPT dan FKPT berupaya melakukan pencegahan dengan menyasar penggunaan internet oleh generasi muda. Salah satunya lewat lomba video pendek yang mendorong pelajar memproduksi dan menyaksikan konten-kontek video positif,” kata Sakiah.

Pria berambut panjang itu juga mengatakan, tidak ada kriteria khusus seseorang yang menjadi sasaran perekruran pelaku terorisme. Sikap selalu waspada mutlak diperlukan untuk membentengi diri dari pengaruh paham radikal terorisme. “Siapapun dan apapun latar belakangnya bisa terjerat paham radikal terorisme. Untuk menghindarinya kita harus selalu waspada,” ujarnya. [shk/shk]

Tentang PMD

Admin situs ini adalah para reporter internal yang tergabung di dalam Pusat Media Damai BNPT (PMD). Seluruh artikel yang terdapat di situs ini dikelola dan dikembangkan oleh PMD.

Baca Juga

Muhammadiyah Siap Bantu BNPT Lindungi NKRI dari Radikalisme dan Ekstremisme

Solo – Muhammadiyah siap membantu Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) memerangi penyebaran radikalisme dan ekstremisme. …