Kedubes Amerika di Baghdad Diserang Teroris

Baghdad – Kedutaan Besar (Kedubes) AS di Baghdad diserang kelompok teroris. Dalam sebuah pernyataan Kamis (13/1/2022), aksi teror disebut terjadi di tengah serangkaian serangan yang menargetkan personel AS di Irak dan Suriah.

“Kompleks Kedube AS diserang malam ini oleh kelompok teroris yang berusaha merusak keamanan, kedaulatan, dan hubungan internasional Irak,” kata Kedubes AS melalui akun Twitter, dilansir The Hill.

“Kami telah lama mengatakan bahwa serangan tercela semacam ini adalah serangan yang tidak hanya merusak fasilitas diplomatik, tetapi juga kedaulatan Irak sendiri,” tambahnya.

Pernyataan itu tidak memberikan rincian lebih lanjut tentang apa yang terjadi. Dikutip dari AP, mengutip pejabat keamanan Irak, melaporkan bahwa setidaknya ada empat roket menargetkan Zona Hijau kedutaan.

Tiga roket menghantam di dalam perimeter kedutaan, sementara keempat mengenai sebuah sekolah di daerah perumahan terdekat.

Saksi mata mengatakan bahwa mereka mendengar bunyi sistem pertahanan kedutaan selama serangan itu. Beberapa percobaan serangan terjadi bulan ini. Menargetkan daerah-daerah di mana personel AS berada di Irak dan Suriah.

Serangan itu dimulai pada 3 Januari, dalam peringatan kedua serangan pesawat tak berawak AS yang menewaskan jenderal top Iran, Qassem Soleimani.