Kedepankan Pendekatan Kesejahteraan, Satgas Nemangkawi Diganti Dengan Operasi Damai Cartenz

Jakarta – Mabes Polri resmi mengganti nama Operasi Nemangkawi menjadi Damai Cartenz. Melalui operasi kali ini akan difokuskan dengan pendekatan kesejahteraan kepada warga Papua. Tidak lagi mengutamakan penegakan hukum dalam menburu Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB).

“Iya betul menjadi Damai Cartenz. Pendekan soft approach diutamakan dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat Papua,” kata Kadiv Humas Polri Irjen Dedi Prasetyo, Rabu (12/1/2022).

Dedi mengatakan Operasi Damai Cartenz berlaku selama enam bulan. Nantinya, Korps Bhayangkara akan melakukan analisa dan evaluasi (anev) untuk melihat kefektifan operasi tersebut.

Sementara itu, Karo Penmas Divisi Humas Polri Brigjen Ahmad Ramadhan menambahkan Operasi Damai Cartenz mulai berlaku 25 Januari 2022, sekaligus menandakan berakhirnya Operasi Nemangkawi.

“Cara bertindak yang dikedepankan dalam Operasi Damai Cartenz ini persuasif dan preemtif dengan kedepankan fungsi intelijen, fungsi bimas, dan fungsi humas dengan didukung fungsi lain,” ucapnya.

Ramadhan menyebut fungsi lain yang mendukung operasi tersebut ialah preventif, Sabhara, dan penegakan hukum (gakkum). Gakkum yang merupakan fungsi pendukung menjadi tindakan kepolisian paling terakhir.

“Rencana operasi sama rencana anggaran itu lagi disusun. Rencana operasi itu pengajuannya dari Polda Papua,” tandasnya.