Beranda / Berita / Kegiatan / Kebenaran adalah Bobot Berita Utama

Kebenaran adalah Bobot Berita Utama

Palembang – Mantan Ketua Dewan Pers, Yosep Adi Prasetyo, mendorong masyarakat konsumen pemberitaan untuk mengedepankan aspek kebenaran dalam memilih berita yang dikonsumsi. Kebenaran disebutnya sebagai bobot berita yang sebenarnya.

Pesan itu disampaikan Yosep saat menjadi pemateri di kegiatan Rembuk Aparatur Kelurahan dan Desa tentang Literasi Informasi, yang diselenggarakan oleh BNPT dan Forum Koordinasi Pencegahan Terorisme (FKPT) Sumatera Selatan, Kamis (27/6/2019).

“Salah satu tips menghindari hoaks adalah dengan memastikan kebenaran atas informasi itu sendiri, karena kebenaran jauh lebih penting untuk diketahui,” kata Yosep. Kegiatan rembuk ini menghadirkan aparatur kelurahan dan desa yang terdiri dari lurah, kepala desa, Babinsa, dan Babinkamtibmas, untuk tujuan pencegahan penyebarluasan paham radikal terorisme.

Untuk memastikan kebenaran sebuah berita, lanjut Yosep, tips sederhana yang bisa dijalankan adalah dengan membacanya secara utuh. Termasuk bagian dari membaca secara utuh adalah membandingkannya dengan berita sejenis dari sumber berbeda. “Ketika kita mau membaca sebuah informasi secara utuh kita akan mampu menganalisanya, apakah berita ini benar atau tidak,” tambahnya.

Stanley, demikian Yosep Adi Prasetyo akrab disapa, juga mendorong masyarakat untuk membaca dan menguasai secara utuh UU Informasi dan Teknologi Elektronik (ITE). Hal ini berkaitan dengan kebiasaan masyarakat yang latah membagikan setiap informasi yang diterimanya.

“Tidak ada yang salah dengan aktifitas berbagi berita. Akan tetapi sebelum melakukannya, terutama yang menggunakan sarana media online, terlebih dahulu pahami UU ITE agar tidak terjerat sanksi,” jelas Stanley.

Masih terkait aktifitas membagikan berita, Stanley juga berpesan agar hal tersebut dilakukan dengan dibarengi pertimbangan yang sangat matang. Di antaranya menilai manfaat atas setiap berita yang dibagikan. “Jika memang dengan dibagikan akan membawa manfaat bagi orang banyak, silahkan. Tapi jika tidak, simpan baik-baik berita itu hanya untuk kita sendiri, atau sesegera mungkin menghapusnya,” pungkasnya. [shk/shk]

Tentang PMD

Admin situs ini adalah para reporter internal yang tergabung di dalam Pusat Media Damai BNPT (PMD). Seluruh artikel yang terdapat di situs ini dikelola dan dikembangkan oleh PMD.

Baca Juga

Perangkat Desa di Jatim Diberikan Pemahaman Bahaya Internet dalam Terorisme

Sidoarjo – BNPT dan Forum Koordinasi Pencegahan Terorisme (FKPT) Jawa Timur, Selasa (16/7/2019), menggelar kegiatan …