Juri Pengadilan Federal AS Dakwa Pria Penembak Kereta Bawah di New York Dengan Tuduhan Terorisme

New York- Juri agung federal mendakwa seorang pria yang diduga menembak kereta bawah tanah Kota New York pada bulan lalu. Saat itu, sebuah serangan melukai 10 orang hingga mengguncang sebuah kota yang sudah mengalami peningkatan kejahatan.

Panel mendakwa Frank James (62) pada Jumat akhir pekan lalu, lantaran telah melakukan serangan teroris atau kekerasan lainnya terhadap sistem transportasi massal serta menggunakan senjata api dalam kejahatan yang dilakukannya. Kedua dakwaan itu membawa hukuman maksimal penjara seumur hidup.

James ditangkap pada 13 April 2022, sekitar 30 jam setelah pihak berwenang mengatakan dia mengemudi dari Philadelphia dan melepaskan bom asap dan lusinan peluru di kereta bawah tanah yang dipenuhi penumpang saat mendekati stasiun Brooklyn.

Para korban penembakan berkisar antara usia 16 hingga 60 tahun dan semua diharapkan dapat bertahan hidup. Pihak berwenang mengatakan, kartu bank James, ponsel, dan kunci mobil van yang dia sewa ditemukan di lokasi penembakan.

Polisi juga mengatakan mereka menemukan pistol yang digunakan dalam penembakan itu dan melacaknya jika pemilik senjata tersebut adalah James. Menurut kantor pengacara AS untuk Distrik Timur New York, James dipenjara tanpa jaminan. Sebuah dakwaan belum dijadwalkan.

Dikutip dari TRT World, seorang pengacara yang mewakili James pada saat penangkapannya memperingatkan untuk tidak terburu-buru menghakimi dan ia mencatat bahwa James memberi tahu polisi tentang keberadaannya.

James ditangkap di East Village Manhattan setelah dia menelepon mengatakan bahwa dia berada di sebuah restoran cepat saji di bagian kota itu. Hingga kini , belum diketahui motif penyerangan tersebut.

Dalam banyak kata-kata kasar yang dia posting di YouTube, James, yang berkulit hitam, membuat komentar fanatik tentang orang-orang dari berbagai latar belakang dan mencerca Wali Kota New York Eric Adams dan mengeluh tentang perawatan kesehatan mental yang dia terima di kota itu sejak bertahun-tahun yang lalu.