ISIS Rilis Video Eksekusi Mati 20 Orang di Nigeria Tanpa Ampun

Abuja – Ekstremis ISIS dengan kejam mengeksekusi 20 orang Kristen di Nigeria dalam aksi haus darah untuk membalas tewasnya para pemimpin kelompok ISIS di Timur Tengah.

Kelompok teroris ISIS menerbitkan video rekaman pembunuhan kejam itu di media sosialnya. Dalam video, para eksekutor bertopeng memegang pisau dan senjata dan para korban yang akan diesekusi berlutut di depan mereka.

Para militan ISIS melakukan eksekusi tanpa ampun di negara bagian Borno, Nigeria. Dimana Divisi Afrika Barat ISIS saingan Boko Haram dan Negara Islam di Afrika Barat (ISWAP) telah menculik, menjarah dan membunuh dalam skala besar.

Rekaman pembantaian terbaru itu juga menunjukkan salah satu algojo mengatakan dalam bahasa Hausa bahwa pembunuhan tersebut merupakan tanggapan atas kematian pimpinan ISIS di Timur Tengah awal tahun 2022 ini.

Rekaman video diterbitkan di outlet terkait teroris dan menunjukkan tiga kelompok tawanan mengenakan pakaian sipil. Itu terjadi setelah pemberontak menewaskan sedikitnya tujuh orang dalam serangan di timur laut Borno pekan lalu.

Pemberontak menyerang desa Kautukari di daerah Chibok. Pada saat yang sama Sekretaris Jenderal PBB Antonio Guterres berada di negara bagian itu untuk bertemu dengan para penyintas kekerasan berkedok jihad.

Daerah Chibok berjarak 70 mil dari Maiduguri, ibu kota negara bagian, tempat Guterres bertemu dengan mantan militan yang diintegrasikan kembali ke masyarakat dan ribuan orang terlantar akibat pemberontakan.

“Mereka datang dalam jumlah besar dengan senjata superior (dan) mengambil alih komunitas,” kata Hassan Chibok, seorang pemimpin komunitas.

“Pasukan dari pangkalan militer terdekat dikerahkan untuk mengusir serangan itu tetapi kerusakan telah terjadi,” kata Chibok.