Beranda / Berita / Irjen Kemhan Tutup Indomalphi Middle Land Exercise Tahun 2019

Irjen Kemhan Tutup Indomalphi Middle Land Exercise Tahun 2019

Tarakan – Latihan Bersama (Latma) Indomalphi Middle Land Exercise Tahun 2019 secara resmi ditutup oleh Inspektur Jenderal Kementerian Pertahanan (Irjen Kemhan), Laksdya TNI Didit Herdiawan, di Yonif Raider 613/RJA Raja Alam, Tarakan, Kalimatan Utara, Rabu (14/8). Pada kesempatan tersebut, Irjen Kemhan mewakili Menteri Pertahanan Republik Indonesia, Ryamizard Ryacudu.

Latma Indomalphi Middle Land Exercise 2019 telah dilaksanakan sejak 29 Juli 2019. Latihan ini diikuti oleh Angkatan Darat dari tiga negara yaitu TNI AD yang diwakili Batalyon Infanteri Raider 613/Rja Alam, Observer Angkatan Darat Negara Malaysia, dan Observer Angkatan Darat Negara Philipina.

Baca juga : Gubernur Jatim Ajak Generasi Muda Serukan Nilai Toleransi

Latma ini bertujuan untuk meningkatkan kerja sama perbatasan di antara tiga negara dalam rangka menangkal aksi teroris serta kejahatan lintas negara lainnya juga untuk berkontribusi pada perdamaian, keamanan, stabilitas, dan kemajuan ekonomi di wilayah kawasan tiga negara.

Menhan RI dalam sambutan tertulisnya yang dibacakan Irjen Kemhan mengatakan bahwa Latma ini memiliki manfaat yang sangat besar melalui adanya pertukaran pengetahuan dan keterampilan dalam penanganan teroris, meningkatkan persahabatan dan kepercayaan antara Angkatan Darat ketiga negara, serta untuk memberikan deterrence bagi kelompok terorisme.

“Latihan bersama Indomalphi Middle Land Exercise yang diselenggarakan dalam rangka menghadapi aksi terorisme saat ini memiliki nilai strategis yang sangat penting terhadap stabilitas keamanan di wilayah Asia Tenggara,” ujar Menhan RI.

Menhan lebih lanjut mengatakan, ancaman terorisme pada saat ini telah bergeser dan menyebar ke seluruh dunia menjadi ancaman yang paling nyata dan berbahaya. Kelompok teroris yang dihadapi sudah menjadi terorisme transnasional. Dengan demikian penanganannya memerlukan kerja sama antara beberapa negara sehingga dapat ditumpas sampai tuntas.

Untuk menjaga keamanan di wilayah perairan Laut Sulu yang berbatasan dengan Indonesia, Malaysia, dan Filipina diselenggarakanlah kerja sama keamanan tiga negara atau kerja sama Indomalphi (Indonesia-Malaysia-Philipina) dalam wadah Trilateral Cooperation Arrangement (TCA).

Selain kegiatan TCA tersebut, saat ini dilakukan inisiasi kerja sama keamanan darat dalam bentuk Indomalphi Land Exercise yang saat ini sudah memasuki tahapan Indomalphi Middle Land Exercise.

Tentang BEM

Baca Juga

Pria Toronto yang Mencoba Gabung ISIS Bebas dari Penjara

Ontario – Seorang pria asal Toronto, Kanada, Pamir Hakimzadah yang mencoba bergabung dengan ISIS telah …