Beranda / Berita / Gubernur Jatim Ajak Generasi Muda Serukan Nilai Toleransi

Gubernur Jatim Ajak Generasi Muda Serukan Nilai Toleransi

Solo – Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa memberikan kuliah umum kepada mahasiswa baru Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta 2019/2020 pada hari Rabu, 14 Agustus 2019. Dalam paparannya, Khofifah mengajak generasi muda untuk memupuk sikap toleransi.

Kuliah umum ini menyasar generasi Z yang lahir direntang tahun 1995 hingga 2010. Menurutnya, generasi Z ini memiliki tipologi yang berbeda dibanding generasi Alfa yang lahir setelah tahun 2011 dan dengan generasi sebelumnya yaitu generasi old dan now.

“Kita lihat generasi old yaitu Bung Karno di usianya yang ke-29 tahun sudah berani mendirikan partai. Kemudian Bung Hatta di usianya yang ke-24 tahun juga berani mendirikan pergerakan perhimpunan Indonesia. Yang ingin saya sampaikan kepada generasi Z yang hari ini usia tertinggi mereka 24 tahun, yaitu banyak sekali tokoh-tokoh generasi old yang mengukir sejarah kebangsaan Indonesia,” ujar Khofifah, dikutip Medcom.id, Kamis (15/8).

Baca juga : Irjen Kemhan Tutup Indomalphi Middle Land Exercise Tahun 2019

Mantan Menteri Sosial itu menjelaskan generasi now sangat berkontribusi terhadap teknologi informasi. Seperti CEO Bukalapak, CEO Ruang guru yang mengambil peluang bisnis e-commerce.

Meski demikian, dikatakannya, yang masih menjadi masalah di dalam negeri adalah permasalahan intoleransi.

“Dari survei yang dilakukan oleh UIN Syarif Hidayatullah kepada generasi Z di 34 provinsi, hasilnya ada kecenderungan intoleransi yang cukup signifikan dan ini tersebar di 34 provinsi,” katanya.

Terkait hal itu, Khofifah berharap generasi muda dapat menjunjung toleransi sehingga berdampak baik bagi NKRI. Sementara itu, Rektor UNS Jamal Wiwoho mengapresiasi materi yang diberikan oleh Khofifah kepada 8.630 mahasiswa baru UNS.

“Kita dorong bagaimana mereka (mahasiswa, red) mencintai Tanah Air kita. Berbakti kepada Tanah Air kita. Mau berbuat untuk sesama yang lebih baik, dengan begitu toleransi harus ditingkatkan,” katanya.

Tentang HP HP

Baca Juga

Pria Toronto yang Mencoba Gabung ISIS Bebas dari Penjara

Ontario – Seorang pria asal Toronto, Kanada, Pamir Hakimzadah yang mencoba bergabung dengan ISIS telah …