Beranda / Berita / Facebook Tak Sadar ISIS dan al-Qaeda Aktif Posting Konten Bersifat Teroris

Facebook Tak Sadar ISIS dan al-Qaeda Aktif Posting Konten Bersifat Teroris

California – Sebuah studi yang dilakukan National Whistleblowers Center mengungkapkan bahwa jejaring sosial Facebook tak menyadari konten bersifat teroris yang diposting kelompok-kelompok teroris aktif di jejaring sosial tersebut.

Studi yang dilakukan selama lima bulan itu menganalisis halaman 3.000 anggota yang memiliki koneksi ke organisasi-organisasi teroris dan menemukan bahwa kelompok teroris Islamic State (ISIS) dan al-Qaeda “secara terbuka” aktif di jejaring sosial tersebut.

Menurut AFP belum lama ini, laporan dari studi tersebut juga menemukan bahwa perangkat lunak Facebook sendiri secara otomatis membuat video “perayaan” dan “kenangan” untuk halaman-halaman ekstremis yang telah memiliki cukup banyak pengikut dan likes.

Baca juga : PM Selandia Baru Serukan Aksi Perangi Ekstremisme di Dunia Maya

Dilansir dari Time.com, Whistleblowers Center telah mengajukan petisi kepada Komisi Sekuritas dan Pertukaran AS.

“Upaya Facebook untuk membasmi konten teror telah lemah dan tidak efektif. Yang lebih memprihatinkan, Facebook sendiri telah menghasilkan dan mempromosikan konten teror dengan teknologi otomatisnya,” tulis sebuah ringkasan eksekutif dari laporan tersebut.

Facebook mengatakan kepada AFP bahwa mereka telah menghapus konten yang terkait teror “dengan tingkat keberhasilan yang jauh lebih tinggi daripada dua tahun yang lalu” sejak melakukan investasi besar dalam teknologi mereka.

“Kami tidak mengklaim menemukan segalanya dan kami tetap waspada dalam upaya kami melawan kelompok-kelompok teroris di seluruh dunia,” ucap juru bicara Facebook.

Facebook mengatakan bahwa mereka menggunakan pembelajaran mesin untuk menghapus konten teroris dalam sebuah pernyataan akhir tahun lalu. Facebook sendiri telah menghadapi peningkatan pengawasan atas perannya sebagai media sosial dalam teror online sejak terjadinya insiden penembakan masjid Selandia Baru.

Tentang BEM

Baca Juga

Pejabat Kampus Harus Berani Ambil Sikap Antisipasi Islam Eksklusif Transnasional

Solo – Pejabat kampus seharusnya berani mengambil sikap dalam mengatur kehidupan keagamaan kampus. Pasalnya saat …