Dua Pasukan Paramiliter di Irak Tewas Dalam Serangan ISIS

Baghdad – Sedikitnya dua prajurit Irak tewas dan dua lainnya terluka dalam serangan kelompok ISIS di provinsi Anbar pada Sabtu, 9 April 2022. Menurut keterangan seorang perwira militer Irak, sekelompok teroris ISIS telah menyerang sebuah pos di kota Heet dengan menggunakan senapan mesin.

Dikutip dari Anadolu Agency, ia mengatakan para penyerang memanfaatkan minimnya jarak pandang di lokasi usai terjadinya badai pasir.

Sebelum terjadinya serangan, badai pasir di Anbar telah menewaskan empat orang dan membuat puluhan lainnya terluka. Sejauh ini, otoritas Irak belum mengeluarkan pernyataan resmi mengenai serangan terbaru ISIS di Anbar.

Pada 2017, Irak mendeklarasikan kemenangan atas ISIS dengan merebut semua wilayah yang pernah dikendalikan grup ekstremis tersebut sejak 2014. Saat masa kejayaannya, ISIS pernah menguasai sekitar sepertiga dari total wilayah Irak.

Meski ISIS sudah ditumbangkan di Irak dan juga Suriah, sejumlah militan tipe sleeper sel masih beroperasi di Irak. Militan tipe ini biasanya beraktivitas layaknya warga biasa, namun sewaktu-waktu dapat melancarkan serangan.

Oktober tahun lalu, pasukan Irak telah berhasil menangkap wakil pemimpin ISIS, Sami Jasim Muhammad al-Jaburi. Ia diketahui sebagai deputi dari pemimpin ISIS yang sudah tewas, Abu Bakr al-Baghdadi.

Saat Baghdadi masih hidup, al-Jaburi dipercaya sebagai sosok yang menangani urusan finansial ISIS.

Penangkapan terhadap al-Jaburi dilakukan saat pasukan keamanan Irak tengah berfokus mengamankan jalannya pemilihan umum parlemen pada Minggu, 10 Oktober. Ribuan personel keamanan gabungan telah dikerahkan ke tempat pemungutan suara yang tersebar di seantero negeri.