BPIP Harap Generasi Muda Aktualisasikan Nilai Pancasila di Media Digital

Jakarta – Deputi Bidang Pengendalian dan Evaluasi Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) RI, Rima Agristina mengharapkan, generasi muda Indonesia dapat mengaktualisasikan nilai-nilai Pancasila melalui media digital guna mengoptimalkan pemahaman dasar negara tersebut di tengah masyarakat.

“Generasi muda sangat mengenali dunia digital. Mereka juga tentu lebih memahami perkembangan teknologi daripada generasi pendahulunya. Oleh karena itu, kami berharap generasi muda dapat mengaktualisasikan nilai-nilai Pancasila melalui dunia digital,” ujar Rima saat menghadiri secara virtual seminar wawasan kebangsaan bertajuk “Peran Generasi Muda Dalam Aktualisasi Nilai-nilai Pancasila Melalui Media”, sebagaimana dipantau dalam kanal YouTube BPIP RI, di Jakarta, Selasa (10/5).

Di samping itu, Rima pun berharap generasi muda Indonesia dapat senantiasa memahami narasi-narasi dalam media digital secara arif dan bijaksana demi mencegah terjadinya perpecahan akibat berita bohong ataupun disinformasi. “Kami juga berharap generasi mampu membaca, menyimak, dan memahami narasi-narasi yang disampaikan oleh media secara arif dan bijaksana,” kata dia.

Menurut Rima, generasi muda merupakan komponen bangsa yang berperan penting di dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara. Bahkan, menurutnya, suatu bangsa tidak mungkin berlanjut ataupun terus tumbuh dengan baik apabila generasi mudanya tidak memiliki komitmen dalam berbangsa dan bernegara.

Selain itu, ia juga menyampaikan bahwa generasi muda memiliki beragam keunggulan untuk membangun bangsa dan negara Indonesia di masa depan.