BNPT Perkuat Koordinasi Dengan Instansi Terkait Deradikalisasi Dalam Lapas di Indonesia Timur

Malang – Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) kembali menggelar Rapat Kerja (Raker)  Program Deradikalisasi Dalam Lembaga Pemasyarakatan (Lapas). Kali ini Raker Program Deradikalisasi Dalam Lapas yang berada di wilayah Jawa Timur, Kalimantan, Sulawesi, Maluku, Nusa Tenggara Barat (NTB), dan Nusa Tenggara Timur (NTT). Raker itu digelar di Ijen Suites Resort and Convention, Malang, 28-30 Juni 2022.

“Raker ini untuk memberikan gambaran tentang program deradikalisasi dalam lembaga pemasyarakatan yang terencana, sistematis, terpadu dan berkesinambungan di tahun 2022,” ujar Ketua Panitia Melyssa Padma Paramita saat memberikan laporan kegiatan pada pembukaan Raker tersebut, Selasa (28/6/2022).

Selain itu, imbuh Melyssa, kegiatan ini juga dalam rangka meningkatkan persamaan persepsi, strategi dan metode program deradikalisasi bagi narapidana tindak pidana terorisme di Lembaga Pemasyarakatan yang efektif dan efisien Juga untuk mengoptimalkan pelaksanaan program deradikalisasi dengan peningkatan kapasitas dan keterampilan pemeliharaan diri (selfcare) para pelaksana deradikalisasi

“Kami berharap dengan kegiatan ini akan meningkatkan jaringan koordinasi dan komunikasi dengan berbagai stakeholder dalam pelaksanaan program deradikalisasi bagi narapidana tindak pidana terorisme di Lembaga Pemasyarakatan,” terang Sub Koordinator Bina Narapidana Subdit Bina Dalam Lapas Direktorat Deradikalisasi BNPT ini.

Ia berharap dengan kegiatan ini akan terlaksana program deradikalisasi bagi narapidana tindak pidana terorisme yang terencana, sistematis, terpadu dan berkesinambungan. Juga terbentuknya pelaksana deradikalisasi yang handal dan mampu mendukung pelaksanaan program deradikalisasi secara optimal. Selain itu juga terjalinnya komunikasi yang intensif mengenai perkembangan narapidana tindak pidana terorisme secara berkala.

Raker Program Deradikalisasi Dalam Lapas di wilayah Jawa Timur, Kalimantan, Sulawesi, Maluku, NTB, dan NTT diikuti 68 peserta. Kegiatan dibuka oleh Deputi Bidang Pencegahan, Perlindungan, dan Deradikalisasi BNPT Mayjen TNI Nisan Setiadi, S.E. Juga hadir Direktur Deradikalisasi BNPT Prof. Dr. Irfan Idris, M.A, Kasubdit Bina Dalam Lapas BNPT Kolonel Czi Rudy Widodo, Dandim 0833/Kota Malang Letkol Kav Heru Wibowo Sofa, S.H., M.Han, Kapolres Malang Kota Kombes Pol Budi Hermanto.