Beranda / Berita / BNPT Harus Lebih Proaktif Jalin Sinergi dan Kerjasama Tanggulangi Terorisme Global

BNPT Harus Lebih Proaktif Jalin Sinergi dan Kerjasama Tanggulangi Terorisme Global

Jakarta – Saat ini terorisme merupakan kejahatan lintas negara yang perlu diantisipasi oleh seluruh negara yang ada di dunia tidak terkecuali Indonesia. Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) sebagai representasi pemerintah Indonesia dituntut lebih proaktif menjalin sinergi dan kerjasama internasional yang lebih masif, strategis, dan sistematis dalam melaksanakan tugas-tugas negara dalam pelaksanaan penanggulangan terorisme, baik di lingkup regional ASEAN maupun global. Terlebih lagi saat ini isu-isu global sudah menjadi pantauan oleh seluruh negara.

Hal tersebut dikatakan oleh Kepala Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) Komjen. Pol. Drs. Suhardi Alius, M.H. dalam sambutannya saat melantik dan mengambil sumpah Andhika Chrisnayudhanto, S.I.P., S.H., M.A.  sebagai Deputi Bidang Kerjasama Internasional BNPT di Jakarta, Jumat (19/7/2019) siang.

“Keberadaan BNPT saat ini sudah diperhitungkan dalam tingkat global, dimana kita banyak sekali diminta sebagai narasumber, juga expertise kita dibutuhkan oleh negara lainnya untuk bisa memberikan sebuah pembelajaran dalam penanggulangan terorisme,” ujar mantan Kabareskrim Polri ini.

Lebih lanjut Kepala BNPT menyampaikan, untuk mendukung dan meningkatkan peran BNPT di mata dunia, Deputi I dan Deputi II BNPT yaitu di bidang Deradikalisasi, bidang Kontra Radikalisasi serta Kesiapsiagaan Nasional untuk dapat memberikan kontribusi yang diperlukan agar program-program serta capaian BNPT dapat dikampanyekan keseluruh dunia oleh Deputi Bidang Kerjasama Internasional.

“Bidang bilateral kita terus meningkatkan bekerja sama dengan seluruh negara di ASEAN, Eropa, Australia dan hampir seluruh duniaa kita sudah punya kerjasama. Kita juga sudah melaksanakan pembentukan Peace Ambassador yang tahun ini kita melaksanakan Peace Ambassador untuk ASEAN, dan tahun depan kita akan membuat Peace Ambassador Dunia di mana masing-masing benua akan diwakili oleh 2 atau 3 negara. Inilah tugas-tugas Kerjasama Internasional yang harus berkoordinasi dengan Kedeputian lainnya,” ujar mantan Kapolda Jawa Barat ini.

Selain itu, Kepala BNPT berharap kepada Andhika Chrisnayudha sebagai Deputi Bidang Kerjasama Internasional yang baru, dapat menanamkan dalam hati bahwa jabatan ini merupakan amanah yang harus dilaksanakan dengan ikhlas dan harus dipertanggungjawabkan. Sehingga nantinya senantiasa dalam menjabat selama masa tugas dilaksanakan sesuai dengan undang-undang dan peraturan yang berlaku.

Mantan Deputi Bidang Kerjasama Internasional Irjen. Pol. Drs. Hamidin yang saat ini menjabat sebagai Kapolda Sulawesi Selatan, tantangan kerjasama internasional ke depan akan semakin besar.

“Sesuai kondisi saat ini bahwa terorisme itu kian mengglobal, dimana kita lihat daesh kini telah hancur, kemudian Al-Qaeda menjadi sel tidur, Boko Haram senantiasa ada,” ucap Irjen Hamidin.

Lebih lanjut mantan Direktur Pencegahan BNPT ini berharap dengan dilantiknya Deputi Bidang Kerjasama Internasional BNPT yang baru, disamping melihat perkembangan situasi global, maka perkembangan di dalam negeri juga harus diikuti dengan detail, tentunya dengan bekerjasama dengan Kedeputian I dan Kedeputian II BNPT. Sehingga apabila koordinasi antar kedeputian di BNPT terlaksana dengan baik, bukan tidak mungkin Indonesia semakin dikenal dimata dunia dalam hal penanggulangan terorisme.

Seperti diketahui, Andhika Chrisyudhanto, S.I.P., S.H., M.A. menggantikan posisi Irjen. Pol. Drs. Hamidin yang dipercaya menjabat sebagai Kapolda Sulawesi Selatan. Sebelum menjabat sebagai Deputi Bidang Kerjasama Internasional BNPT, Andhika Chrisyudhanto, S.I.P., S.H., M.A. menjabat sebagai Direktur Kerjasama Regional dan Multilateral BNPT.

Andhika bukanlah orang baru dalam bidang kerjasama internasional. Selain itu,  lulusan Universitas Nasional ini, merupakan alumni Monash University Australia dimana ia mendapatkan gelar Master of Arts in Foreign Affairs and Trade (M.A.).

Tentang Tim Media Rilis

Baca Juga

Pria Toronto yang Mencoba Gabung ISIS Bebas dari Penjara

Ontario – Seorang pria asal Toronto, Kanada, Pamir Hakimzadah yang mencoba bergabung dengan ISIS telah …