BNPT Gelar 6 Rangkaian Tes SKB CPNS 2021 untuk Mengisi 56 Formasi

Jakarta – Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) telah memulai rangkaian Seleksi Kompetensi Bidang atau SKB CPNS 2021 pada 6 Desember dan akan berakhir pada 13 Desember 2021.

Lokasi tes berada di Komplek Lanud Halim Perdana Kusuma, Jakarta Timur. Tercatat 111 peserta SKB akan mengikuti rangkaian seleksi untuk mengisi 56 formasi CPNS BNPT 2021.

Sestama BNPT Mayjen TNI Dedi Sambowo, S.IP dan Kepala Biro Umum Kol. Sus. Fanfan Infansyah ikut meninjau tes SKB ini.

“Semoga Tes SKB ini berjalan dengan baik,” ujar Sestama BNPT pada Selasa (7/12).

Pada tahap SKB, peserta akan melalui 6 rangkaian tes selama 6 hari. Tes yang dilaksanakan antara lain, tes tulis BNPT, tes tulis dan wawancara bahasa inggris, kesehatan, psikologi, tes mental ideologi, dan pantukhir.

Masing-masing jenis tes SKB memiliki tujuan yang berbeda. Sebagai contoh, tes tulis BNPT merupakan cara mengetahui seberapa jauh peserta mengenal instansi BNPT.

Lebih lanjut, tes tulis dan wawancara bahasa inggris merupakan upaya memprediksi kemampuan Bahasa Inggris peserta CPNS 2021 BNPT. Sementara tes psikologi berguna untuk mengetahui potensi, sikap dan perilaku CPNS yang akan mengisi jabatan.

Petunjuk pelaksanaan SKB telah disampaikan BKN daalam petunjuk muatan materi dan metode SKB pada 10 November 2021 melalui Surat Menteri PANRB No B/1625/M.SM.01.00/2021