BNPT dan Pemkab Magetan Perkuat Kerjasama Program Deradikalisasi Berbasis Kesejahteraan KKTN

BNPT dan Pemkab Magetan Perkuat Kerjasama Program Deradikalisasi Berbasis Kesejahteraan KKTN

Magetan – Kepala BNPT, Komjen Pol Dr. Boy Rafli Amar, M.H., bersilaturahmi dengan Bupati Magetan Dr. Drs. Suprawoto, S.H., M.Si., di Ruang Dinas Bupati Magetan, Jawa Timur pada Selasa (16/11).

Di hadapan Bupati Magetan, Boy Rafli menyampaikan bahwa BNPT berharap dapat membangun sinergisitas dalam program deradikalisasi berbasis kesejahteraan bagi mantan narapidana terorisme dan kelompok rentan melalui Kawasan Khusus Terpadu Nusantara (KKTN), terutama yang ada di wilayah Magetan.

“Semakin banyak simpul-simpul deradikalisasi yang dapat dikembangkan itu semakin bagus, terutama untuk napiter dan keluarga. Karena sasaran utamanya adalah memiliki kemandirian ekonomi. Mereka (napiter) tidak boleh dilepas sendiri karena pembinaan itu merupakan proses reintegrasi masyarakat. Selain kemandirian, napiter juga harus diupayakan bisa diterima oleh masyarakat,” jelas Kepala BNPT.

Sementara itu, Bupati Magetan menyatakan diri siap untuk membantu menyukseskan program BNPT di wilayah Magetan.

“Kami merasa terbantu dengan adanya program-program BNPT. Kami berterimakasih atas kedatangan BNPT, semoga ini menjadi berkah bagi semuanya,” jelasnya.

Bupati menyampaikan bahwa selama ini sudah berjalan beberapa program bersama Pemkab Magetan dan tim Sinergisitas BNPT, seperti Forum Keserasian Sosial, Program Pelatihan Keterampilan UMKM, Pengadaan Balai Latihan Kerja, Sosialisasi paham kebangsaan dan anti radikalisme serta program lainnya.

Kegiatan pertemuan antara Kepala BNPT dan Bupati Magetan pada kesempatan kali ini diakhiri dengan sesi diskusi antara peserta dan Kepala BNPT yang dipandu oleh Bupati Magetan.