BNPT Ajak UIN Sultan Maulana Hasanuddin Aktif Sebarkan Moderasi Beragama ke Mahasiswa

Serang – Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) mengajak Universitas Islam Negeri (UIN) Sultan Maulana Hasanuddin, Banten, aktif menyebarkan moderasi beragama kepada para mahasiswa. Langkah tersebut sangat penting untuk mencegah mahasiswa terpapar paham-paham kekerasan yang ingin merusak persatuan bangsa dan negara.

Hal itu diucapkan Kepala BNPT Komjen Pol. Boy Rafli Amar bertemu dengan Rektor Universitas Islam Negeri (UIN) Sultan Maulana Hasanuddin, Prof. Dr. Wawan Wahyuddin, M.Pd di Serang Banten pada Jumat (12/8).

Dalam pertemuan ini, Kepala BNPT berharap UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten dapat berkontribusi luas dalam menyebarkan pengajaran moderasi beragama kepada peserta didik (mahasiswa).

“UIN Sultan Maulana Hasanuddin di Banten ini dapat meningkatkan program moderasi beragama kepada mahasiswa,” jelas Kepala BNPT.

Menurut Kepala BNPT, moderasi beragama merupakan salah satu dari tiga ‘vaksin’ ampuh dalam mencegah terpaparnya generasi muda Indonesia dari paparan virus radikalisme dan terorisme.

“Ada tiga vaksin pertama penguatan wawasan kebangsaan, moderasi beragama dan budaya bangsa,” jelasnya.

Sementara itu, Rektor UIN Sultan Maulana Hasanuddin Prof dr Wawan Wahyuddin, M.Pd., menjelaskan kesiapannya dalam rangka kerjasama dengan BNPT khususnya dalam rangka pencegahan terorisme di kalangan mahasiswa.

“Kami siap bekerjasama dengan BNPT. Kerja sama ini dapat kita tuangkan dalam MoU. UIN siap berkolaborasi dan bersinergi dengan BNPT demi Indonesia Emas,” jelasnya.

Sebagai komitmen anti radikalisme dan terorisme Rektor UIN Sultan Maulana Hasanuddin berencana akan memasukkan pelajaran pencegahan radikalisme dan terorisme kepada mahasiswa baru angkatan 2022/2023.