Beranda / Berita / Kegiatan / BNPT: Agama Mengajarkan Kedamaian, Bukan Membenci

BNPT: Agama Mengajarkan Kedamaian, Bukan Membenci

Ternate – Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) meminta guru agama dari tingkat PAUD hingga SMP dan sederajat di Ternate, Maluku Utara, untuk menanamkan materi yang benar terkait mata pelajaran yang diampunya. Agama hadir untuk terciptanya sebuah kedamaian, bukan kebencian.

“Semakin banyak kita membaca kitab suci, kita akan mengerti. Tidak ada ayat (di dalam kitab suci) yang mengajarkan kebencian kepada orang lain,” kata Kepala Subdirektorat Pengamanan Lingkungan BNPT, Kolonel Rahmad Suhendro.

Rahmad menyampaikan itu di kegiatan Integrasi Nilai-nilai Agama dan Budaya dalam Menumbuhkan Harmoni di Sekolah yang diselenggarakan oleh BNPT dan Forum Koordinasi Pencegahan Terorisme (FKPT) Maluku Utara. Kegiatan yang menghadirkan 110 guru mata pelajaran agama itu dilaksanakan dalam rangka pencegahan penyebarluasan paham radikal terorisme.

Dalam paparannya Rahmad meminta guru agama tidak salah dalam mendidik murid-muridnya. Metode pembelajaran dengan memanfaatkan kemajuan teknologi menjadi salah satu hal yang dicontohkannya, di mana prosesnya harus dibarengi dengan pengawasan yang ketat.

“Ada dua konten yang menjadi ancaman di penggunaan handphone oleh anak-anak, yaitu pornografi dan radikalisme. Seorang guru harus bisa ikut memberikan pengawasan terhadap penggunaan handphone oleh anak didiknya,” pesan Rahmad.

Sebagai contoh pria penyandang 3 melati di pundak tersebut mengungkap kasus pelaku peledakan bom di hotel JW Marriot. “Itu contoh anak yang salah didik, anak yang terdoktrin bahwa agama ada untuk kekerasan,” ungkapnya.

Di akhir paparannya Rahmad berpesan pentingnya guru mengedepankan pendekatan lunak dalam mendidik murid-muridnya. Kesan damai yang dterima anak didik dari guru disebutnya akan menjadikannya pribadi yang juga mampu berlaku damai kepada sesama.

“Guru jangan sampai mengedepankan emosi dalam mendidik murid-muridnya,” pungkas Rahmad. [shk/shk]

Tentang PMD

Admin situs ini adalah para reporter internal yang tergabung di dalam Pusat Media Damai BNPT (PMD). Seluruh artikel yang terdapat di situs ini dikelola dan dikembangkan oleh PMD.

Baca Juga

Muhammadiyah Siap Bantu BNPT Lindungi NKRI dari Radikalisme dan Ekstremisme

Solo – Muhammadiyah siap membantu Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) memerangi penyebaran radikalisme dan ekstremisme. …