Bill Gates Ingatkan Pemimpin Dunia Bersiap Hadapi Ancaman Bioterorisme

Jakarta – Pendiri Microsoft Bill Gates memperingatkan agar pemimpin dunia bersiap menghadapi ancaman terorisme baru yang bahayakan manusia yaitu bioterorisme di masa akan datang. Hal ini diungkap Bill Gates dalam sesi wawancara dengan Jeremy Hunt sebagai Ketua Komite Pemilihan Kesehatan di Sky News.

Gates mengungkapkan, butuh danayang sangat besar untuk membuat penelitian dan pengembangan dalam mengatasi masalah itu. Selain itu, kesiapan masyarakat bisa menjadi kunci keberhasilan untuk mengatasi masalah bioterorisme.

Untuk itu, Bill Gates menyarankan supaya ‘germs games’ atau ‘permainan kuman’ dapat digunakan sebagai sarana latihan dalam menanggapi kejadian luar biasa semacam itu.

Dalam wawancara tersebut, Bill Gates juga menyerukan pembentukan Satuan Tugas Pandemi kepada Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) yang disebut bernilai miliaran dolar.

“Mungkin akan memakan waktu sekitar satu miliar setahun untuk Gugus Tugas pandemi di tingkat WHO, yang tugasnya melakukan pengawasan dan benar-benar melakukan apa yang saya sebut ‘permainan kuman’ di mana Anda akan berlatih,” kata Bill Gates.

Bill Gates menambahkan bahwa negara-negara seperti Amerika Serikat dan Inggris harus menghabiskan puluhan miliar untuk penelitian dan pengembangan (Research&Development) dalam upaya mempersiapkan kemungkinan terjadinya pandemi berikutnya. Meski mahal, penelitian itu disebut bisa mengarah pada inovasi lain seperti pemberantasan flu dan flu biasa.

“Untuk menghadapi pandemi selanjutnya, banyak hal dari penelitian dan pengembangan yang bisa kita lakukan. Misalnya, membuat vaksin murah, punya pabrik besar, memberantas flu dan menyingkirkan flu biasa. Dan itu akan menjadi hal-hal yang akan sangat bermanfaat bahkan di tahun-tahun ketika kita tidak ada pandemi,” imbuhnya dikutip dari Sky News.

Bill Gates menambahkan, ada epidemi yang disebabkan secara alami dan epidemi yang disebabkan oleh bioterorisme yang dibuat dengan sengaja. Bahkan bioteroris yang dimaksud bisa jauh lebih buruk dibanding yang dialami masyarakat dunia hari ini.

Tapi dengan kemajuan ilmu kedokteran dan teknologi, seharusnya bisa diciptakan alat yang bisa untuk menghilangkan pandemi tersebut dengan lebih baik.

“Jadi ini akan menjadi prioritas. Tahun depan adalah di mana alokasi itu harus dibuat, termasuk Gugus Tugas pandemi global ini,” tegasnya.

Menurut Bill Gates, ia akan terus berbicara tentang kesiapsiagaan pandemi sebagai bagian dari pekerjaannya sebagai seorang dermawan.

“Jadi, bersama dengan pesan iklim dan perjuangan berkelanjutan melawan penyakit orang miskin. Kesiapsiagaan pandemi adalah sesuatu yang akan sering saya bicarakan.”

“Dan saya pikir itu akan menjadi lahan subur karena kita kehilangan triliunan dolar dan jutaan nyawa. Dan warga berharap pemerintah mereka tidak akan membiarkan hal itu terjadi lagi,” sebut Bill Gates. (