Baku Tembak Dengan Paramiliter Irak, 7 Anggota ISIS Tewas

Baghdad – Tujuh anggota dari kelompok ISIS dan seorang anggota pasukan paramiliter Hashd Shaabi yang didukung pemerintah tewas pada Minggu (18/9) dalam bentrokan di Provinsi Nineveh, Irak utara, kata kantor media pasukan Hashd Shaabi dalam sebuah pernyataan.

Anggota Hashd Shaabi bentrok dengan militan ISIS yang bersembunyi di sebuah terowongan di Gurun Al-Hatra, tepatnya di barat daya Mosul, ibu kota Provinsi Nineveh, menurut pernyataan tersebut.

Bentrokan itu mengakibatkan tewasnya tujuh anggota ISIS di dalam terowongan, kata pernyataan itu seperti dikutip dari Xinhua, Senin (19/9).

Pernyataan tersebut seraya menambahkan bahwa seorang anggota Hashd Shaabi juga tewas, dan delapan lainnya terluka setelah dua pengebom bunuh diri meledakkan sabuk peledak mereka dalam upaya menyerbu terowongan.

Sementara itu, Yahia Rasoul, juru bicara panglima tertinggi pasukan Irak, mengatakan dalam sebuah pernyataan bahwa helikopter tempur tentara menghancurkan sebuah kendaraan dan membunuh tiga militan ISIS di dalamnya selama operasi pengintaian dan pencarian di Nineveh.

Selama beberapa bulan terakhir, pasukan keamanan Irak telah melakukan operasi terhadap anggota ekstremis untuk menindak aktivitas intensif mereka.

Situasi keamanan di Irak telah membaik sejak kekalahan ISIS pada 2017.

Namun, sisa-sisanya telah melebur ke pusat kota, gurun, dan daerah terjal, sering melakukan serangan terhadap pasukan keamanan dan warga sipil.