Arab Saudi Desak Koalisi Global Bersatu Perangi Kelompok ISIS

Riyadh – Menteri Luar Negeri Arab Saudi , Pangeran Faisal bin Farhan mendesak anggota Koalisi Global Melawan Daesh ( ISIS ) untuk melanjutkan upaya untuk memerangi organisasi teroris itu sepenuhnya.

“Kita semua tidak boleh melupakan fakta bahwa ancaman organisasi ini masih ada,” kata Pangeran Faisal pada pertemuan koalisi pada Rabu (12/5) di Maroko.

“Ini membutuhkan semua orang untuk melanjutkan upaya dan koordinasi untuk menghilangkannya sepenuhnya,” lanjut Pangeran Faisal, seperti dikutip dari Arab News.

Dia juga menekankan apresiasi Kerajaan atas peran signifikan dan nyata yang dimainkan oleh koalisi dalam menghilangkan ekspansi dan penyebaran ISIS di Irak dan Suriah.

Menurut Pangeran Faisal, Kerajaan Arab Saudi terus mempertahankan sikap tegas untuk mendukung upaya koalisi, menekankan ketajaman Kerajaan pada stabilitas Irak dan perluasan pengaruh dan kedaulatannya atas seluruh wilayahnya.

Dia juga memuji upaya yang dilakukan oleh Irak dan koordinasi berkelanjutannya dengan koalisi untuk menghilangkan organisasi ekstremis tersebut.

Pangeran Faisal menyoroti keinginan Kerajaan untuk mendukung proyek-proyek rekonstruksi di Irak, mendukung upaya untuk menstabilkan daerah-daerah yang dibebaskan di Suriah, dan menstabilkan situasi keamanan dan ekonomi di dalamnya.

“Kerajaan telah mendirikan sejumlah pusat, yang paling penting adalah Pusat Global untuk Memerangi Ideologi Ekstremis (Etidal), yang bekerja di tingkat regional dan internasional untuk memerangi pesan-pesan ekstremis,” ujarnya.

Dia juga menegaskan kembali dukungan Kerajaan untuk Kelompok Fokus Afrika koalisi yang memungkinkan koalisi untuk melakukan program pengembangan kapasitas sipil untuk membantu mengatasi ancaman Daesh di seluruh Afrika.