Beranda / Berita / Antisipasi Terorisme di Kashmir, Dua Pangkalan India Bersiaga

Antisipasi Terorisme di Kashmir, Dua Pangkalan India Bersiaga

Kashmir – Dua pangkalan udara India yang ada di wilayah Kashmir ditempatkan dalam siaga tinggi, setelah datang peringatan akan serangan teroris terhadap kedua pangkalan udara tersebut.

Dua pangkalan udara tersebut, salah satunya adalah markas jet tempur yang terlibat dalam pertempuran udara dengan Pakistan bulan Februari lalu.

Diberitakan kantor berita India, ANI, pada Sabtu (18/5), yang mengutip sumber pemerintah, ancaman serangan teroris itu datang dari informasi intelijen terbaru yang diterima militer India.

Kedua pangkalan udara yang berada dalam status siaga tersebut yakni pangkalan udara Srinagar dan Awantipora. Keduanya berada di wilayah negara bagian Jammu Kashmir yang berbatasan langsung dengan Pakistan.

Peningkatan keamanan diberlakukan di dalam maupun di sekitar pangkalan udara. Namun laporan media tersebut tidak merinci langkah-langkah antisipasi yang dilakukan maupun pihak yang mengirimkan ancaman serangan teror.

Baca juga : Turki Jadi Jalur Favorit Terduga Teroris Indonesia Menuju Suriah

Pangkalan udara Srinagar merupakan markas dari skuadron Angkatan Udara India Nomor 51 yang diperkuat jet tempur MiG-21 Bison. Skuadron ini sempat terlibat pertempuran udara dengan jet F-16 Pakistan di atas wilayah perbatasan pada Februari lalu.

Dalam pertempuran udara tersebut, satu jet tempur India ditembak jatuh dan sang pilot Abhinandan Varthaman, sempat ditahan oleh militer Pakistan sebelum dipulangkan ke India.

Peningkatan ketegangan di atas wilayah udara Kashmir yang disengketakan kedua negara itu terjadi sepekan usai India mengirimkan jet tempurnya ke wilayah Pakistan.

India mengklaim jet tempurnya telah menghancurkan markas kelompok teroris Jaish-e-Mohammed (JeM), yang bertanggung jawab atas serangan terhadap konvoi pasukan keamanan India pada 14 Februari dan menewaskan hingga 40 orang.

New Delhi bersikeras jika Pakistan turut membantu kelompok JeM dan militan lainnya yang anti-India. Tuduhan itu telah berulang kali dibantah tegas oleh Islamabad.

Tentang HP HP

Baca Juga

Gubernur Kalteng Minta Masyarakat Pantau Keberadaan Orang Baru di Wilayahnya

Palangka Raya – Gubernur Kalimantan Tengah, Sugianto Sabran menilai penangkapan sejumlah terduga teroris di Kalteng …