Angkut Sembako, Pesawat Sam Air Ditembaki KKB di Bandara Kenyam

Jakarta – Ulah Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) di Papua semakin hari semakin kejam. Tidak hanya menyasar anggota TNI/Polri, mereka juga menjadi masyarakat sipil sebagai sasaran teror. Bahkan maskapai penerbangan yang mengangkut sembako pun tak luput dari kekejaman KKB.

Seperti yang dialami pesawat Sam Air dengan kode penerbangan PK-SMG, ditembaki KKB saat baru mendarat di Bandara Kenyam, Kebapaten Nduga, Selasa (7/6/2022). Padahal, pesawat itu tengah mengangkut sembako dari Wamena.

“Pesawat tersebut ditembaki saat berada di Bandara Kenyam yang tiba dari Wamena dengan membawa sembako,” ujar Kapolres Nduga AKBP Komang Budhiarta dilansir Antara.

Komang mengatakan pesawat itu ditembak saat terparkir di bandara. Begitu mendengar letusan tembakan, seluruh awak pesawat menyelamatkan diri.

Komang menerangkan terdengar bunyi tembakan sebanyak 15 kali. Peluru yang dilepaskan pasukan KKB mengenai beberapa bagian pesawat mulai dari ban depan, tangki bahan bakar, dan titik di badan pesawat.

Pilot Farhan Fachri dilaporkan mengalami luka lecet karena terjatuh, sementara co-pilot Reza Ariestha Ragainaga tidak mengalami cidera.

Selain menembak pesawat, KKB pimpinan Egianus Kogoya itu juga menembak sejumlah kendaraan di sekitar bandara. Aksi itu dibalas anggota TNI-Polri dengan menghujani tembakan ke arah KKB. KKB pun melarikan diri ke hutan.