2 Mantan Tentara Iran Tersangka Terorisme Dieksekusi Mati

Teheran – Pengadilan Iran telah melakukan eksekusi terhadap dua mantan tentara yang terlibat aksi terorisme. Kabar itu diungkapkan pejabat senior di pengadilan Iran, Mohammad Razm, Rabu (12/1/2022).

“Hukuman mati sudah dilakukan kepada dua pelaku aksi terorisme yang terjadi pada Februari 2019,” kata Mohammad Razm dikutip dari AFP, Rabu (13/1/2021).

Namun Razm tidak memberikan keterangan mengenai kapan eksekusi tersebut dilakukan. Perlu diketahui, eksekusi mati dijatuhkan kepada tersangka karena telah menembak anggota polisi di sebuah pom bensin di Ibu Kota Provinsi Khorrambad, Iran pada 2019 lalu.

Akibat kejadian tersebut, sebuah truk tangki bensin meledak dan menewaskan 2 orang anggota kepolisian. Sebelum dijatuhi hukuman mati, para tersangka telah lebih dulu dicopot secara tidak hormat dari jabatannya sebagai personel tentara Iran.

Iran tercatat sebagai negara terbanyak yang menjatuhi para pelaku kejahatan hukuman mati nomor 2 setelah Cina. Pada 2020 lalu, tercatat ada sekitar 246 tersangka yang telah menjalani hukuman mati.